Implementasi Pendidikan Karakter Keluarga Muslim: Pendekatan Sosiologis

  • Hadi Santoso Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta
Keywords: Pendidikan Karakter, Keluarga Muslim, Pendekatan Sosiologis

Abstract

Pendidikan sangat mempengaruhi iman, takwa, akhlak, ilmu seseorang dalam kehidupannya, pendidikan yang baik membentuk manusia yang berakhlak baik, berbudi mulia, bermanfaat bagi dirinya maupun lingkungannya. Karakter tersebut tidak didapatkan dengan instan, tapi melalui  melalui proses yang panjang dan dukungan baik dari dalam diri maupun dari luar diri seseorang siswa.

Keluarga muslim adalah keluarga yang dimulai dari perkawinan antara laki-laki dan perempuan melalui proses akad nikah atas dasar kerelaan untuk melestarikan keberlangsungan manusia di muka bumi, dan memelihara agama, jiwa, akal, dan harta.

Pembinaan karakter keluarga muslim menurut pendekatan sosiologis adalah bentuk pendekatan untuk membina karakter  keluarga muslim melalui gejala-gejala sosial yang timbul di masyarakat berdasarkan syari’at Islam untuk menanamkan norma dan kebiasaan perilaku keluarga muslim, sehingga menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah. Pendekatan sosiologis tersebut meliputi ekspresi budaya, pengetahuan dan keterampilan, pengawasan sosial, standar hidup, kontak dari kelompok tertentu, mobilitas sosial.

 

Kata Kunci : Pendidikan, Keluarga, Karakter.

Published
2019-07-27
How to Cite
Santoso, H. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Keluarga Muslim: Pendekatan Sosiologis. At-Tarbiyat :Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1-24. Retrieved from http://jurnal.staiannawawi.com/index.php/At-Tarbiyat/article/view/131